Mengejar (Multi) Bagger?

Apa yang lebih membanggakan dari berinvestasi di dunia saham lalu mendapatkan bagger? Saya pernah merasakannya sekali (semoga ke depan akan berkali-kali, hehehe) dan itu sungguh menyenangkan. Bahkan di situ muncul satu kebanggaan meski emiten yang dibeli tersebut merupakan stock pick dari paman Kakdr & Johnfundamental.

Namun kemudian semakin ke sini, entah mengapa pengalaman yang terlalu cepat itu malahan menjadi beban. Menjadi beban karena bagger menjadi mindset utama dalam berinvestasi. Saya menjadi lupa bahwa niat awal berinvestasi, yaitu membangun mindset terlebih dahulu untuk menjaga nilai aset dari inflasi.

Dengan mindset menjaga nilai aset, maka hal pertama yang wajib dijaga adalah jangan sampai rugi.

Bagaimana caranya agar jangan sampai rugi?

Salah satunya adalah dengan menempuh jalan anti-cutloss! Dan untuk memudahkan jalan anti-cutloss, maka screening untuk menemukan emiten berkualitas atau minimal sehat, untuk menambah probabilitas harga naik ketimbang harga turun, menjadi sangat penting.

Kalaupun harga pada akhirnya turun, maka hal-hal yang harus disiapkan dan kemudian dilakukan untuk meminimalkan risk sudah ada dalam bentuk cheklist yang siap segera untuk dieksekusi dan itu bukan cutloss.