Skip to main content

Kalender Saham Untuk Google Calendar

Bingung juga mau nulis paragraf pembukanya bagaimana. Tapi intinya saya ingin berbagi proyek kecil membuat file iCal yang bisa disimpan di Google Calendar. Jika nanti ada event baru yang ditambahkan terkait dengan saham semisal jadwal dividen, otomatis akan ter-update dengan sendirinya bagi yang subcribe file iCal-nya.

Langsung saja, langkah pertama buka Google Calendar versi desktop melalui browser PC.

Yes, untuk bisa melakukan subcription iCal, jalan satu-satunya adalah dengan membuka Google Calendar versi desktop melalui browser PC atau laptop. Saya sudah mencobanya dengan menggunakan versi browser atau aplikasi Android namun tidak menemukan caranya.

Di halaman Google Calendar versi browser desktop, klik menu "hamburger" yang berada di pojok kiri atas layar. Nanti akan muncul tab menu di sisi kiri layar.

Scroll ke bawah, ada kategori "Other calendar" yang tepat di sisi kanannya ada tanda "+".

Klik tanda "+" tersebut dan pada pop-up menu pilih "From URL".

Penting! Dengan memilih "From URL" memungkinkan Google Calendar untuk membaharui event-event corporate action baru yang nantinya akan ditambahkan.

Masukkan alamat file iCal berikut ke kolom isian yang tersedia (copy-paste).

https://calendar.google.com/calendar/ical/diuunuma5n3d860v8je9p4j86o%40group.calendar.google.com/public/basic.ics


Kemudian klik "Add calendar".

Jika langkah-langkah di atas berjalan lancar, di "Other Calendar" akan muncul kategori baru, "Kalender Saham".

Tampilan ketika dibuka via Google Calendar versi app. Android.

Selain di blog ini, saya juga mempublikasikan kalender ini di iCalShare.com.

Catatan Penting:
Kalendar ini diperbaharui secara manual (update: sekarang otomatis) sumber dengan data "as is". Data yang ada bukan merupakan tanggung jawab pengelola. Jadi mohon untuk mencek ulang pada pengumuman resminya.

Mungkin sekali waktu, tiap akhir pekan akan ada event kalender yang berisi ringkasan beberapa artikel dan tautannya dari blog ini maupun blog lain atau sumber berita yang menurut pengelola layak dibaca sebagai tambahan informasi berkelana di dunia saham.
beranda ] [ back to top ]

Comments