Return IHSG Terhadap Holding Period

Adakah relevansi antara lamanya hold portfolio dengan risk-reward ratio? Pertanyaan inilah yang mendasari iseng-iseng melakukan simulasi menggunakan tools alakadarnya.

Maksudnya begini, andai kita membeli beberapa saham lalu menyimpannya dalam jangka waktu tertentu, apakah ada relevansi antara lamanya menyimpan dengan potensi risk-reward yang didapatkan?

Langkah pertama untuk menjawab gundah-gulana di atas, saya menentukan dulu return dari emiten apa saja yang ingin dijadikan sample. Tapi kemudian diurungkan karena akan menambah subyektifitas dalam uji coba.

Jadi balik lagi, langkah pertama adalah menjadikan indeks IHSG sebagai sample.

Hey, bukankah dengan melihat chart IHSG, tanpa dilakukan uji coba sudah ketahuan bahwa semakin lama holding periodnya, returnnya semakin besar?

Iya sih, tapi seberapa besar perbandingannya? Kalau cuman sepintas-sepintas, kurang meyakinkan.

Langkah ke dua adalah dengan mengambil tanggal acak sebagai tanggal akhir hasil dari periode menyimpan--langkah ini untuk mempermudah perhitungan di spreadsheets. Pengambilan tanggal acak ini menggunakan fungsi RANDBETWEEN. Jumlah data tanggal yang diambil sebanyak 365 data yang terbentang dari tanggal 27 Desember 2019 hingga  27 Oktober 2015.

Langkah ke tiga adalah menentukan variabel jarak hari (holding period). Untuk jarak hari yang dipilih terbentang dari 5 hari hingga 1825 hari. Variabel jarak inilah nantinya yang akan menentukan awal tanggal mulainya meng-hold portfolio. Jadi semisal dari data random 27 Oktober 2015 kita memasukkan variabel jarak 90, maka didapatkan tanggal 29 Juli 2015. Yes, hari libur dimasukkan di sini. Selain untuk memudahkan perhitungan, hari libur ini juga masuk dalam masa tunggu riil dari investor.

Langkah ke empat adalah memasukkan harga open IHSG pada tanggal awal hold dan memasukkan harga close IHSG pada tanggal akhir. Kemudian dicari nilai perubahannya.

Hasilnya? Silahkan cek gambar berikut:

Relatif gain dan loss terhadap lama hari hold.

Risk vs. reward lama hari hold.
Kesimpulan? Tidak ada. 😆

Btw, akhirnya dapat satu konten lagi buat ditulis di blog ini. Semoga tahun 2020, saya bisa dapat ide tulisan-tulisan yang geje seperti ini lebih banyak lagi. Biar gak mubazhir beli domainnya. 😆😆😆