Bertahan

Umat manusia telah berhasil mempertahankan eksistensinya di bumi selama ribuan tahun dengan cara terus melakukan adaptasi. Kemudian ketika adaptasi yang dilakukan itu telah mampu membuat mereka bertahan hidup, hal selanjutnya adalah mulai mengelola apa yang bisa mereka kendalikan. Dan bukan hanya sampai di situ, tingkat selanjutnya mereka akan mulai mengubah lingkungannya agar sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

Jika suatu periode tiba-tiba saja terjadi sesuatu yang berada di luar kendalinya, manusia akan kembali ke fase awal, yaitu beradaptasi dan kemudian berlanjut ke pengelolaan apa yang bisa mereka kendalikan. Setelah itu pada akhirnya mereka akan mulai mengubah lagi lingkungannya sebagaimana kondisi yang mereka inginkan. Begitu seterusnya.

Perusahaan

Perusahaan adalah sebuah alat yang digunakan manusia untuk mencapai kemakmuran. Ini berarti dari konteks di atas, perusahaan merupakan bagian dari hal-hal (alat-alat) yang dikendalikan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup.

Ketika fase bertahan hidup telah berhasil dilalui maka perusahaan-perusahaan ini akan kembali digerakkan. Sebagaimana asal kata dari "perusahaan" yaitu "usaha" yang berarti: kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud1.

Bisa jadi kita salah memperkirakan kapan musibah pandemi ini akan berakhir. Tapi satu yang pasti manusia tidak akan menyerah; hingga pada akhirnya alat-alat mereka untuk mencapai kemakmuran akan digerakkan kembali.

Wha da f#k?

Wkwkwk, seharusnya ini jurnal saham dan bukan jurnal motivasi kan yak, wkwkwk. 🤣🤣🤣

 

1 KBBI - Usaha