·  Sebuah jurnal investasi

Ekspektasi Peforma Investasi di Tahun 2021

Bagaimana dengan dunia investasi di tahun 2021 ini? Saya tidak tahu. Pun demikian saya memiliki ekspektasi bahwa volatilitas harga instrumen investasi akan masih tinggi hingga nanti pada akhir tahun pelahan-lahan akan mulai mereda.

Volatilitas pada paruh pertama tahun 2021 saya menduganya nanti akan terjadi akibat dari aksi jual untung oleh mereka yang telah melakukan spekulasi besar-besaran sejak dari awal tahun 2020 ketika fase-fase awal IHSG mengalami koreksi di sekitar bulan Mei. Kemudian volatilitas itu akan pelahan-lahan menurun ketika peforma bisnis dari sektor-sektor yang ada di IHSG mulai menampakkan mana yang masih memiliki peforma bagus dan belum terdisrupsi akibat perubahan perilaku pasar (konsumen riil di dunia bisnis) akibat bencana pandemi kemarin serta perubahan peta jalur barang akibat perang dagang di tahun 2019.

Lalu bagaimana dengan wujud riil dari perubahan akibat disrupsi itu (bencana pandemi dan perubahan peta jalur perdagangan)? Untuk yang ini, saya juga tidak tahu.

Tapi yang pasti jika Anda seperti saya yang hanya merupakan investor retail kecil, satu hal yang harus disiapkan adalah sikap open mind. Jika kita mampu bersikap open mind, harapannya adalah nanti di sepanjang 2021 kita setidaknya bisa menjadi sedikit lebih peka dalam menangkap perubahan untuk kemudian bisa mengambil suatu strategi paling pas dalam berinvestasi.

Selamat tahun baru 2021 dan semoga keberuntungan yang berkah selalu menyertai kita dalam setiap langkah ke depan.