·  Sebuah jurnal investasi

Tentang

“Saya percaya bahwa sesuatu hal yang baik, selalu membutuhkan waktu untuk menampakkan bentuknya.”

Demikianlah kira-kira sepenggal terjemahan bebas dari tulisan saudara sepupu di beranda WhatsApp. Meski tulisan tersebut ditujukan untuk hal yang berbeda, tapi sepertinya juga relevan di dalam dunia investasi.

Karena pada dasarnya di dunia investasi—menurut saya—hal yang harus dilakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk mencari instrumen investasi yang baik—yang sekiranya bisa memberikan hasil yang diinginkan—dan kemudian menunggu.

Menunggu hingga nanti pada akhirnya hal baik akan datang secara pelahan-lahan seiring dengan berjalannya waktu.

Tapi bukan manusia jika tidak bosan ketika dalam proses menunggu. Apalagi jika ekspektasi hasil yang diinginkan terlalu tinggi.

Bisa-bisa dalam prosesnya, kita bisa saja melakukan tindakan-tindakan yang justru merusak potensi hasil yang akan didapatkan: entah dengan menjual terlalu cepat baik dalam kondisi floating profit maupun negatif atau menggunakan leverage secara berlebihan.

Oleh karena itu blog ini saya bangun dengan tujuan sebagai sarana untuk mengisi waktu tunggu sambil terus membenahi mindset dan menambah pengetahuan di dunia investasi.

Mengapa dengan menulis blog?

Karena saya mudah lupa. Oleh karenanya dengan menuliskan ide-ide dalam bentuk teks, harapannya ide-ide itu bisa terdokumentasi dengan baik.

Siapa tahu kelak bisa dijadikan pijakan ketika hilang arah di dalam perjalanan investasi.

Sekian, salam dan terima kasih telah berkunjung. 🤓

Syaifur Rizal Email : me@syaifurrizal.com Twitter : @syaifurrizal Stockbit : @syaifur